Perintah Dasar Shell di Linux




Anda baru mengenal Linux Command Line dan jujur, Anda mungkin sedikit terintimidasi. Datang dari kenyamanan PC atau desktop Mac, Linux Command Line (CLI) tidak terlihat seperti yang biasa Anda gunakan. CLI Linux gelap, rahasia, tulang minimal dan tidak ramah kepada pendatang baru. Namun, CLI Linux sangat berguna, penting untuk menggunakan kotak Linux Anda atau mesin virtual dan dapat, jika dilakukan dengan benar, memberi Anda lebih banyak wawasan dan penggunaan praktis daripada desktop Windows atau Mac yang pernah bisa.

Untuk alasan itu, dari seseorang yang juga pernah menjadi Linux newb, saya menyajikan sepuluh perintah CLI Linux yang perlu Anda kuasai untuk pemahaman dasar CLI Linux.

Daftar ini tidak akan membuat Anda menjadi Admin Sistem Linux namun akan membawa Anda dalam perjalanan dengan kaki Anda di lautan.

Sebelum daftar Linux CLI sepuluh teratas saya, saya ingin mengawali penghitungan mundur ini dengan menyatakan perintah yang disajikan sedang disajikan untuk memberi Anda pengetahuan tentang cara mengatasi terminal Linux Anda dari shell. Daftar ini dimaksudkan untuk melayani sebagai pengantar perintah CLI Linux dasar namun sangat penting.

Ada banyak sekali perintah lainnya - perintah yang lebih canggih - yang akan Anda pelajari kelak. Tetapi untuk sekarang, seperti belajar menambahkan sebelum Anda belajar melipatgandakan, daftar ini akan memberi Anda dasar perintah CLI Linux Anda.

Di akhir daftar, beberapa informasi penting yang Anda perlukan untuk menggunakan CLI Linux.

1. ls

Perintah ls - perintah daftar - berfungsi di terminal Linux untuk menampilkan semua direktori utama yang diajukan di bawah sistem file yang diberikan. Misalnya, perintah:


ls / aplikasi


... akan memperlihatkan kepada pengguna semua folder yang disimpan di folder aplikasi secara keseluruhan.

Perintah ls digunakan untuk melihat file, folder, dan direktori.

2. cd

Perintah cd - mengubah direktori - akan memungkinkan pengguna untuk mengubah antara direktori file. Seperti yang disarankan oleh nama perintah, Anda akan menggunakan perintah cd untuk mengedarkan antara dua direktori yang berbeda. Misalnya, jika Anda ingin mengubah dari direktori home ke direktori Arora, Anda akan memasukkan perintah berikut:


cd / arora / aplikasi


Seperti yang telah Anda catat, nama jalur daftar yang tercantum dalam urutan terbalik. Logikanya cd / arora / aplikasi membaca perubahan ke direktori arora yang disimpan di direktori aplikasi. Semua perintah Linux mengikuti jalur yang logis.

3. mv

Perintah mv - pindah - memungkinkan pengguna untuk memindahkan file ke folder atau direktori lain. Sama seperti menyeret file yang terletak di PC desktop ke folder yang disimpan dalam folder "Dokumen", perintah perintah mv berfungsi dengan cara yang sama. Contoh perintah mv adalah:


mv / arora / aplikasi / majorapps / arora / applications / minorapps
Bagian pertama dari perintah mv / arora / applications / majorapps berisi daftar aplikasi yang akan dipindahkan. Dalam hal ini, arora. Bagian kedua dari daftar perintah / arora / aplikasi / minorapps tempat arora akan dipindahkan - dari majorapps ke minorapps.

4. man

Perintah man - perintah manual - digunakan untuk menunjukkan manual dari perintah yang dimasukkan. Sama seperti film pada sifat film, perintah man adalah perintah meta dari CLI Linux. Memasukkan perintah man akan menampilkan semua informasi tentang perintah yang Anda gunakan. Sebuah contoh:

man cd


Perintah input akan menampilkan manual atau semua informasi yang relevan untuk perintah perubahan direktori.

5. mkdir

Perintah mkdir - make directory - memungkinkan pengguna untuk membuat direktori baru. Sama seperti membuat direktori baru dalam lingkungan desktop PC atau Mac, perintah mkdir membuat direktori baru di lingkungan Linux. Contoh dari perintah mkdir


mkdir testdirectory


Perintah contoh membuat direktori "testdirectory".

6. rmdir

Perintah rmdir - remove directory - memungkinkan pengguna untuk menghapus perintah yang ada menggunakan Linux CLI. Contoh perintah rmdir:

rmdir testdirectory

7. touch

Perintah sentuh - a.k.a perintah file make - memungkinkan pengguna untuk membuat file menggunakan Linux CLI. Sama seperti perintah mkdir membuat direktori, perintah sentuh membuat file. Sama seperti Anda membuat .doc atau .txt menggunakan PC desktop, perintah sentuh akan membuat file kosong. Contoh perintah sentuh:

touch  testfile.txt

Contoh perintah sentuh secara efektif membuat file testfile.txt. Sebagaimana dicatat oleh ekstensi, file yang dibuat adalah file .txt atau teks. Untuk menyamakan, file .txt di Linux mirip dengan file notebook .txt dalam Windows atau Mac OS.

8. rm

Perintah rm - remove - seperti perintah rmdir dimaksudkan untuk menghapus file dari OS Linux Anda. Sedangkan perintah rmdir akan menghapus direktori dan file yang disimpan di dalam, perintah rm akan menghapus file yang dibuat. Contoh perintah rm:


rm testfile.txt


Perintah yang disebutkan tadi menghapus testfile.txt. Menariknya, sedangkan perintah rmdir hanya akan menghapus direktori kosong, perintah rm akan menghapus file dan direktori dengan file di dalamnya. Ini mengatakan, perintah rm membawa lebih berat daripada perintah rmdir dan harus digunakan dengan lebih spesifik.

9. find

Perintah locate - a.k.a. find dimaksudkan untuk mencari file di dalam OS Linux. Jika Anda tidak tahu nama file tertentu atau Anda tidak yakin di mana file tersebut disimpan dan disimpan, perintah locate sangat berguna. Contoh perintah locate:


find -i * red * house ** city *


Perintah yang disebutkan akan mencari file dengan nama file yang berisi "Red", "House" dan "City". Catatan tentang input: penggunaan "-i" memberitahu sistem untuk mencari file yang tidak spesifik dari kapitalisasi (fungsi Linux dalam huruf kecil). Penggunaan asterik "*" menandakan mencari wildcard. Wildcard memberitahu sistem untuk menarik semua file yang berisi kriteria pencarian.

Dengan menspesifikasikan -i dengan wildcard, perintah locate CLI akan menarik kembali semua file yang berisi kriteria pencarian Anda secara efektif, yang akan memberikan jaring pencarian terluas yang dimungkinkan oleh sistem.

10. clear

Perintah yang jelas melakukan persis apa yang dikatakannya. Ketika Linux CLI Anda mendapatkan semua mucked dengan berbagai pembacaan dan informasi, perintah yang jelas membersihkan layar dan menyeka papan bersih. Menggunakan perintah yang jelas akan membawa pengguna kembali ke awal prompt dari direktori apa pun yang sedang Anda operasikan. Untuk menggunakan perintah yang jelas, ketik saja yang jelas.

Mengenal Linux: Informasi Vital

Memiliki pemahaman dasar tentang perintah CLI Linux akan memungkinkan pengguna untuk bernavigasi di seluruh shell Linux. Ini mengatakan, ada beberapa hal dasar tentang Linux yang perlu Anda ketahui untuk beroperasi lebih penuh di shell. Dasar-dasar ini adalah sebagai berikut:

- Semua fungsi sistem operasi Linux dalam huruf kecil. Ide dasar Linux adalah memanfaatkan sistem operasi sederhana yang mudah digunakan. Penggunaan huruf kecil keluar dari sini. Meskipun Anda dapat menamai file, folder, dan direktori menggunakan huruf besar, fungsi sistem dalam huruf kecil. Ini berarti, kecuali jika Anda menetapkan -i (meniadakan kunci kuncian), semua file, folder dan direktori yang dinamai dengan huruf besar tidak akan ditampilkan. Jadi, perintahnya

cari thekillersadustlandfairytale.mp3

Tidak akan menemukan file TheKillersADustLandFairyTale.mp3

Di Linux, materi huruf besar dan kecil.

- Berhati-hatilah menggunakan perintah rm. Perintah rm, sebagaimana disebutkan di atas, membawa lebih banyak bobot daripada perintah rmdir. Menggunakan perintah rm dapat menghapus seluruh direktori penuh file. Hati-hati menggunakannya. Terlebih lagi, jika seorang teman dengan bercanda memberitahu Anda untuk memasukkan perintah:

rm -rf /

Jangan lakukan itu. Perintah rm -rf / berarti menghapus (rm) - gaya rekursif (r) (f) home (/). Dibilang logis, perintah rm -rf / akan menghapus setiap folder, file dan direktori di dalam OS Linux Anda. Ini setara dengan membersihkan seluruh hard drive Anda bersih. Gunakan rm-rf / command dengan resiko Anda sendiri.

- / berarti root. Untuk sebagian besar PC, home prompt di Command Prompt (CMD) adalah beberapa variasi:

Pengguna PC di command prompt akan mulai dari C: \ hard drive. Di Linux, titik awal CLI Anda - direktori root Anda - adalah /. / mewakili titik awal Anda. / adalah tempat semua file, folder, dan direktori lainnya disimpan di dalam.

- Kata sandi disimpan dalam gelap. Pertama kali saya login ke server Linux, saya langsung menjadi bingung ketika diminta kata sandi saya. Ini karena ketika Anda mengetikkan kata sandi Anda ke dalam CLI Linux, kata sandi tetap gelap. Saat mengetik, Anda tidak akan melihat apa pun. Linux CLI beroperasi dengan asumsi bahwa pengguna mengetikkan kata sandi tahu apa yang dia ketik dan dengan demikian, karena alasan keamanan, tidak perlu melihatnya ketika sedang memasukkan.

  Jangan panik ketika Anda tidak melihat kata sandi atau tanda bintang kecil untuk menyembunyikan masukan Anda. Sistem Linux merekam setiap ketukan tombol.

- Menguasai fondasi Linux sebelum maju. Sama seperti mempelajari cabang-cabang baru Matematika, untuk membangun lebih tinggi, pondasi Anda harus kuat. Linux beroperasi dengan cara yang sama. Jika Anda tidak menguasai dasar-dasar Linux, Anda akan dengan cepat menjadi bingung ketika mencoba menyelesaikan komplain



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMASUKAN GAMBAR KE PROJECT ANDROID STUDIO

Cara Mengambil Alih [scam] akun instagram

Cara Download lagu Dari Spotify